/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/anime/ani-13/ani1227.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Hetalia: Axis Powers - Taiwan

Rabu, 09 Desember 2015

Tugas Kewirausahaan - Rencana Produksi

Rencana Produksi

Untuk memproduksi suatu barang dan jasa tentunya diperlukan beberapa perencanaan untuk dapat memproduksi suatu barang atau jasa yang baik dan berkualitas. Dan untuk menunjang semua itu, berikut ini merupakan rincian perencanaan produksi yang akan dilakukan :
1.   Tanah
Dalam mendirikan suatu usaha pasti akan memerlukan tempat untuk menjual produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Disini tanah sangat berperan penting dalam mendirikan suatu tempat untuk membuka usaha baru. Dan untuk suatu usaha yang baru dibuat diperlukan tanah seluas kurang lebih 82 m2. Dengan rincian 10 x 4m2 sebagai parkiran dan 15 x 4m2 sebagai bangunan.

2.   Bangunan
Untuk memasarkan produk yang dibuat diperlukan tempat, maka dari itu disini bangunan juga berperan penting sebagai penunjang untuk mendirikan suatu usaha. Bangunan yang dibangun untuk usaha ini berupa ruko atau kios yang minimalis dengan berlantai 2. Dimana lantai 2 sebagai tempat untuk memproduksi dan lantai dasar sebagai tempat untuk menjual atau memasarkan produk tersebut. Dilantai dasar juga terdapat kantor pusat yang dapat memantau langsung bagaimana proses produksi berlangsung.

3.   Mesin dan Peralatan
Mesin atau peraalatan yang digunakan disini tidaklah terlalu banyak atau susah. Disini memerlukan komputer, telepon, alat untuk mengolah kaleng bekas, gunting dll.

4.   Investasi Kantor
Karena usaha ini masih tergolong usaha baru, disini kita mempunyai investasi kantor yang berupa meja, kursi, lemari untuk memajang atau menaruh produk yang akan kita tawarkan dan beberapa pendingin ruangan AC.

5.    Kendaraan
Alat penunjang lainnya agar usaha kita dapat berjalan dengan baik yaitu kendaraan. Memang disini kendaraan tidak terlalu sering digunakan, tetapi lebih digunakan sebagai alat untuk mengantar produk yang dipesan konsumen. Karena disini bisa diantar langsung. Kendaraan yang diperlukan yaitu 1 mobil pick up dan 2 motor sebagai alat kendaraan di usaha kami.

6.   Biaya Sewa
Karena disini bangunan yang kita bangun adalah berbentuk ruko, maka ruko yang kita tempati masih berstatus penyewaan. Biasanya ruko ini disewa dengan harga 55 juta/tahun.

7.   Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan untuk membuat produk atau usaha ini tidaklah terlalu sult atau banyak, bahan yang digunakan sangatlah simple dan mudah dicari yaitu seperti : Kain Flannel, pernak-pernik, lem, kaleng, kardus, alumunium dll.

8.   Upah Tenaga Kerja
Karena ini merupakan usaha baru, untuk para karyawan yang bekerja disini khusunya dibagian produksi maka mendapat gaji sebesar 3.200.000/bulan. Sewaktu waktu gaji akan naik tergantung lamanya kerja.

9.   Biaya Umum
Untuk membangun sebuah usaha tentunya dibutuhkan biaya-biaya umum lainnya tidak hanya biaya inti atau pokoknya saja. Seperti : Biaya Listrik 985.000/bulan, Biaya Air 300.000/bulan, Biaya Ongkos 650.000/bulan, Uang Jaminan 250.000/bulan dan uang keamanan 400.000/bulan.

10.  Alat Tulis
Dalam perusahaan alat tulis yang dibutuhkan tidak jauh beda dengan alat tulis yang lainnya. Seperti : Buku Jurnal, Pensil, Pulpen, Spidol, Penggaris, Label dsb.

11.  Tata Letak Bangunan
Posisi yang kami ambil cukup strategis, selain dekat dengan rumah masyarakat, lokasi yang kami tentukan sangat mudah diakses dan dekat dengan akses pintu tol. Selain itu, letak bangunan kami berada disekitaran pusat perbelanjaan yaitu berlokasi di Ruko Boulevard Raya Blok J No. 14 Jl. Lippo Karawaci Sentral Tangerang Banten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar